Kebun Raya Purwodadi



Kebun Raya Purwodadi adalah sebuah wilayah perkebunan yang digunakan sebagai tempat observasi untuk kepentingan Pertanian Indonesia dari LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, dan juga di gunaka sebagai salah satu obyek wisata di Kabupaten Pasuruan.

Dengan luas 85 Hektar, Kebun Raya Purwodadi memiliki koleksi tumbuhan sebanyak 10.000 jenis pohon dan tumbuhan

Kebun Raya ini didirikan sejak 30 Januari 1941 oleh seorang Belanda Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking dan atas prakarsa Dr. Dirk Fon van Slooten. Kebun Raya Purwodadi merupakan pemekaran dari tiga Kebun Raya lainnya di Indonesia, yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Eka Karya Bali. Semua kebun raya tersebut memiliki spesifikasi tersendiri pada masing-masing sektornya.
Kebun Raya Purwodadi  Pasuruan Terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Kebun Raya Purwodadi  Pasuruan terletak di tepi jalan besar yang menghubungkan 3 kota, yaitu Malang, Surabaya, dan Pasuruan. Jarak tempuh dari Malang adalah 24 Km ke arah Utara, dari Pasuruan 30 Km ke arah Barat Daya, dan dari Surabaya 65 Km ke arah Selatan. Kebun Raya Purwodadi Pasuruan ini juga dekat dengan tempat wisata di Malang seperti Jatim Park, BNS dan tempat wisata yang ekstrim yaitu rafting kaliwatu batu Malang. 
Luas Kebun Raya Purwodadi sekitar 85 ha, pada ketinggian 300 m dpl dengan topografi datar sampai bergelombang. Curah hujan rata-rata per tahun 2366 mm dengan bulan basah antara bulan November dan Maret dengan suhu berkisar antara 22° - 32°C. 

Jalur Transportasi
Transportasi menuju Kebun Raya Purwodadi  Pasuruan - LIPI sangat mudah dan lancar, karena terletak di tepi jalan besar yang menghubungkan 3 kota, yaitu Malang, Surabaya, dan Pasuruan.
- Jalan Darat Terdapat 2 terminal sebagai alternatif tempat pemberangkatan menuju Kebun Raya Purwodadi - LIPI. Untuk area Malang dan sekitarnya, tersedia teminal bus Arjosari. Sedangkan untuk daerah Surabaya terdapat terminal Bungurasih. Kebun Raya Purwodadi - LIPI dilewati oleh jalur bus Surabaya-Malang dan angkutan antar kota Malang-Pasuruan atau Malang-Pandaan selama 24 jam.
- Jalur Udara Ada 2 alternatif bandara untuk menuju Kebun Raya Purwodadi. 1. Bandar udara (Bandara) di Malang, Abdurrahman Saleh, hanya melayani penerbangan domestik. 2. Bandar Udara (Bandara) di Surabaya, Juanda, melayani penerbangan domestik dan internasional. Transportasi dari dan menuju Bandara tersedia baik taksi, travel maupun bus.


- Kereta Api Perjalanan dengan Kereta Api, terdapat stasiun perberangkatan dan sekaligus pemberhentian yang paling dekat dengan Kebun Raya Purwodadi, yaitu, Stasiun Lawang. Untuk kereta kelas Bisnis dan Eksekutif hanya melayani jurusan Surabaya-Malang atau sebaliknya, sedangkan untuk kelas Ekonomi melayani semua jurusan kota-kota di Jawa Timur. Bagi pengunjung dari luar Jawa Timur, bisa menggunakan stasiun Malang Kota Baru ataupun stasiun Gubeng dan Semut di Surabaya sebagai tempat pemberhentian maupun pemberangkatan.


0 komentar: